Trik Mengubah Asap Hio Jadi Efek yang Dramatis

Posted on

Perayaan tahun baru China atau lebih dikenal dengan imlek, menjadi momen yang sayang bila Anda lewatkan. Ada banyak view menarik di sana, salah satunya adalah saat lautan batang hio atau dupa memunculkan kepulan asap-asap yang membubung tinggi bersinar terkena cahaya matahari yang menjadikan efek dramatis pada foto yang disajikan.

Akan tetapi bila cuaca saat perayaan imlek tidak mendukung untuk memotret, seperti mendung sepanjang hari akan mengurangi efek dramatis pada foto sehingga kurang maksimal saat disajikan.

Namun Anda tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan trik strobist dengan melepaskan flashlight dari hot shoe dan menempatkannya secara bebas kemudian hubungkan dengan sebuah pemicu (trigger). Harganya-pun beragam, mulai sekitar Rp 150.000,-.

Pastikan Anda mendapat izin sebelum memakai strobist. Tanyakan kepada pihak tempat peribadatan, apakah flashlight tidak akan mengganggu proses ibadah.

Dari beberapa foto yang diambil di Vihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat ini, kamera disetting manual untuk mengantisipasi adanya perbedaan intensitas cahaya dan ruangan. Diafragma yang dipakai adalah diafragma f/8 dengan kecepatan 1/125. Sedangkan ISO yang digunakan untuk ruangan yang sedikit terang dan sempit adalah ISO 200, dan untuk ruangan luas dan temaram memakai ISO 400.

Flashlight diposisikan secara menyamping (sidelight) hingga membelakangi (backlight) agar efek sinar matahari pagi terekam serta asap dari hio atau dupa tampak secara keseluruhan. Mintalah seseorang untuk memegangi flashlight dengan posisi sedikit lebih tinggi atau bisa juga Anda letakkan di sebuah meja. Tidak dianjurkan untuk memakai lightstand karena orang-orang yang sedang berdo’a akan terganggu.

Tunggu dan bersabarlah sampai Anda mendapatkan momen yang menarik dan unik. Cukup tekan shutter saat Anda sudah mendapatkan momen tersebut. Lakukan setting ISO-Speed-Diafragma agar tercipta efek asap hio yang memukau. Anda juga bisa bereksperimen dengan mengubah white balance secara berulang-ulang.

Selamat mencoba!

FOTO GALERI

 

Kata Kunci Pencarian:

hp samsung s5 hdc kok lemot,cara edit kernel android agar support otg,cara mendownload film tanpa terkena asap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *